Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bedah Rumah Sambatan di Blora


Semangat Sambatan Bedah Rumah di Kunduran
INFOKU, BLORA - Rasa kepedulian yang besar terhadap sesama yang membutuhkan ditunjukkan oleh warga masyarakat Kelurahan Kunduran, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.
  Selama dua hari, Selasa (24/12/2019) hingga Rabu (25/12/2019) mereka melakukan “sambatan” (gotong royong-jawa) secara sukarela dan bersama-sama membedah rumah salah satu warga kurang mampu yang ada di kampungnya.
  Yakni rumah Bapak Sumaryo (57), seorang penjual baju bekas (kain rombeng) yang tinggal sendirian di rumah reot wilayah RT 09, RW 01, Kelurahan Kunduran.
  Pendapatannya yang tidak seberapa itu, tidak cukup untuk memperbaiki rumahnya sehingga warga sekitar sepakat untuk gotong royong memperbaikinya.

   Rumah yang sudah rusak dan tidak layak huni di pemukiman padat itu mulai dibongkar bersama-sama sejak Selasa pagi kemarin. Banyak kayu yang sudah lapuk dan tidak bisa digunakan lagi.
Begitu juga atap gentingnya sudah usang. Sehingga semuanya dirobohkan dan diganti dengan bahan bangunan baru hasil bantuan para donatur.
   Sedangkan para ibu sedang sibuk menyiapkan minuman, jajanan dan makan siang untuk bapak-bapak yang sedang gotong royong membedah rumah.
Lurah Kunduran, Mugiyono, menerangkan bahwa kegiatan bedah rumah ini murni inisiatif warganya yang ingin membantu Sumaryo.
  “Sumaryo tinggal sendirian di rumah ini, karena sudah cerai dengan istrinya lama. Sedangkan anaknya ikut istri ke Jakarta. Kita ingin Sumaryo bisa menikmati masa tuanya dengan nyaman. Bedah rumah ini kita upayakan bisa berjalan lancar dengan gotong royong bersama,” terang Mugiyono.
Sementara itu, Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si mengapresiasi semangat gotong royong warga Kunduran dalam hal sosial seperti bedah rumah warga kurang mampu ini.

   “Semangat gotong royongnya luar biasa, warga Kunduran hebat. Ketika mendengar ada gotong royong ini, saya sempatkan hadir. Saya ajak sekalian anggota dewan dapil Kunduran, Munawar. Kita sama-sama membantu Sumaryo bersama warga Kunduran,” ucap Wakil Bupati.
   Tidak hanya hadir untuk memberikan bantuan dan suntikan semangat kepada masyarakat Kunduran yang sedang gotong royong, Wakil Bupati juga ikut menuangkan adukan semen untuk pembuatan pondasi rumah.
Sumaryo, selaku pemilik rumah merasa senang ada perhatian yang begitu besar dari warga Kunduran dan jajaran pimpinan daerah dari Lurah hingga Wakil Bupati dan angota DPRD yang ikut gotong royong memperbaiki rumahnya.
  “Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Saya tidak menyangka sampai Pak Wakil Bupati dan Pak Dewan Munawar hadir disini. Semoga kebaikan jenengan semua diberikan balasan yang terbaik dari Allah SWT, aamiin,” ucap Sumaryo. (Endah/KOM).

Notification ! {New!} Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.